Federer Kalahkan Rochus Setelah Istirahat Enam Pekan

Basel (ANTARA/Reuters) – Petenis nomor satu dunia Roger Federer, yang bermain pertama kali dalam enam pekan ini, mengalahkan petenis kualifikasi Olivier Rochus sehingga membuka peluang untuk mempertahankan gelar pada turnamen “Swiss Indoors ATP”.

Federer, yang absen dari lapangan sejak bermain playoff melawan Italia pada pertandingan grup dunia Piala Davis, September, menang 6-3 6-4 melawan petenis nomor 61 dunia dari Belgia.

Sekali pemecahan servis pada tiap set sudah cukup bagi Federer –yang bermain di depan penonton di kampungnya sendiri pada turnamen yang pernah disaksikannya ketika ia menjadi “anak bola” (ball boy). Ia juga pernah menang tiga tahun berurutan di tempat itu.

Petenis Swiss itu, yang kalah menyakitkan atas Juan Martin del Potro di final AS Terbuka, memilih beristirahat sejak itu, mundur dari dua turnamen ATP.

Federer, yang mempertahankan rekor 100 persen dalam tujuh pertemuan dengan Rochus, kelihatan tampil segar walau pun lawannya dari Belgia itu mampu bertahan hingga game keenam.

“Saya senang tampil lagi dan merasa amat hebat dapat menang dalam pertandingan ini,” kata Federer kepada wartawan.

“Saya juga gembira dapat tampil lagi di turnamen di kampung sendiri, di tempat yang amat banyak kenangan. Ini merupakan awal yang bagus,” katanya.

“Saya rasa saya melancarkan servis dengan baik. Ia dapat menekan saya sampai ke baseline, tetapi saya mengatasinya karena tampil agresif,” katanya.

“Kondisi di sini membuat kita bermain cepat, apalagi suasana panas karena penonton. Saya harus membiasakan lagi hal itu,” ujarnya.

“Saya selalu ingin istirahat di tengah musim. Tapi tidak mudah melakukannya karena saya ingin bermain sebanyak mungkin. Setelah istirahat, rasanya gembira sekali tampil lagi,” tambah Federer.

Federer selanjutnya dijadwalkan bermain melawan petenis Italia, Andreas Seppi, Selasa.

(http://id.news.yahoo.com/antr/20091103/tsp-federer-kalahkan-rochus-setelah-isti-424bac1.html)

Tinggalkan Balasan

